Sponsor

Mengapa Madiun Disebut Sebagai Kampung Pendekar..???

Mengapa Madiun Disebut Sebagai Kampung Pendekar..??? 
     Madiun merupakan kota penting di Jawa Timur bagian barat. Madiun memiliki beberapa sebutan, seperti Kota Pecel, Kota Brem, Kota Gadis, Kota Kereta Api, Kampung Pendekar, dan lain sebagainya. Nah dikesempatan kali ini saya akan sedikit memaparkan mengapa Madiun disebut sebagai Kampung Pendekar.

     Yang dimaksud Kampung Pendekar bukan berarti semua warga kota Madiun itu adalah pendekar. Tetapi karena banyaknya perguruan bela diri yang dapat anda temui di Madiun. Sebut saja pencak silat, taekwondo, karate, yongmoodo, muaythai, dan lain-lain. Tetapi sebutan Kampung Pendekar ini lebih mengacu kepada banyaknya perguruan pencak silat tersebut.

     Sebut saja PSH Teratai, PSH Winongo, dan IKSPI yang merupakan perguruan asli Madiun dan berpusat di Madiun. Perguruan-perguruan tersebut memiliki murid atau pengikut yang tersebar ke seluruh Indonesia bahkan hingga ke mancanegara. Belum lagi ada Merpati Putih, SH Tuhu Tekat, IKS Pro Patria, Ki Ageng Pandan Alas, Tapak Suci dan masih banyak lagi yang menambah keberagaman perguruan yang ada di Madiun.

     Status Kampung Pendekar tidak lepas dari tradisi Suroan disetiap tahunnya. Hampir dapat dipastikan setiap Suro, Madiun akan dipenuhi oleh para pendekar dari dalam dan luar kota Madiun untuk melakukan nyekar, kenaikan sabuk, dan juga hampir dapat dipastikan lagi terjadinya gesekan atau konflik yang mewarnai jalannya kegiatan Suroan tersebut. Tetapi justru itulah yang membuat Madiun memiliki ciri khas yang tidak dapat dijumpai dikota lain di Indonesia.

     Berikut saya tampilkan galeri foto deklarasi damai berbagai perguruan pencak silat yang digelar di Asrama Haji Kota Madiun dan di puncak gunung Lawu beberapa waktu yang lalu










Sekian info yang dapat saya berikan, kurang dan lebihnya mohon maaf. Karena kesempurnaan hanya milik Tuhan semata..

Comments

  1. Bangga punya rumah dekat Padepokan ---
    Bangga jadi putra-putri Kampung Pendekar
    --jl.kampung baru--

    ReplyDelete
  2. Bangga menjadi pendekar sh winongo

    ReplyDelete
  3. Bangga menjadi pendekar sh winongo

    ReplyDelete
  4. Saya bangga jadi putra madiun, saya bangga jadi sh terate. Salam persaudaraan

    ReplyDelete
  5. rumah saya dekat nya pusat ki ageng pandan alas kare ,tpi saya ikut PSHT .keberagaman lah yang membuat hidup terasa indah

    ReplyDelete
  6. -Bangga jadi pendekar SH Winongo
    -Bangga punya teman dari PSHT,IKSPI,PSCP,PS Betako MP,OCC Pangastuti,PSNU PN,
    -pokoknya bangga punya perbedaan

    ReplyDelete
  7. Bangga jadi warga madiun, bangga jadi bagian dari kota gadis ini :)

    ReplyDelete
  8. Salam seduluran untuk semua perguruan silat... salam dari kami PSHT

    ReplyDelete

Post a Comment

Sponsor

Sponsor

Popular Posts